Melalui Realisasi Dana Desa, Pekon Gunung Raya Terus Berbenah

0
93

Prioritas.co.id,Pringsewu – Pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran, akan menumbuhkembangkan suatu desa menjadi lebih optimal, dan otomatis akan mewujutkan Inovasi yang muncul dari suatu desa.

Dikatakan Toyim Yusuf, Kepala Pekon Gunung Raya. Dipaparkannya bahwa, visi dan misi pekon Gunung Raya, akan berupaya menjadikan masyarakatnya yang kompak, menjadikan pekon yang unggul, mandiri dan bertaqwa melalui perwujudan Pekon Gunung Raya sebagai pekon yang selalu aktip berbasis gotongroyong. Misi pekon Gunung Raya, Meningkatkan Kualitas sumber daya manusianya melalui pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, pertanian dan kebudayaan. Meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi, meningkatkan insprastruktur pekon sesuai dengan harapan masyarakat yang ada, “ujar Toyim Yusuf.

Di jelaskannya, “Pekon Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, adalah pekon yang terdiri atas 4 Dusun dan 4 RT, dengan jumlah penduduk 1.016 jiwa, serta 261 Kepala Keluarga(KK), terdiri dariĀ  jumlah Laki-laki 561 jiwa, jumlah perempuan 455 jiwa, jumlah KK 261, dan Jumlah KK RTM 203 jiwa, Pekon yang memiliki luas Wilayah 1597 Ha. Luas tanah Sawah 44 Ha. Tana permukiman 1500 Ha. Tanah peladangan 47 Ha. Dan luas tanah Lain-lain 6 Ha serta didominasi masyarakat pertanian perkebunan “papar Toyim Yusuf.

Realisasi Dana Desa tahap satu 2019 Pekon Gunung Raya, lanjut Toyim Yusuf, telah terealisasikan sesuai dengan hasil musyawarah Dusun (musdus) yang dituangkan dari hasil musyawarah Dusun melalui musyawarah Desa (musdes).

“sebagai upaya peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan pekon, sesuai mewujudkan harapan, Dana Desa tahap satu 2019 fokus pada pembangunan diantaranya, jalan Onderlag sepanjang 300meter didusun Sukamaju, Dua titik sumur bor yang berada didusun Sukamaju dan dusun Jati Agung, satu titik gorong-gorong di dusun Jati Agung serta pembangunan pagar kantor Pekon. semua insya alloh telah sesuai dengan peruntukannya, “jelas Toyim Yusuf.

“Guna terus mendukung program pemerintah, terutama, yang di anggarkan melalui Dana Desa, saya, beserta aparatur pekon gunungraya terus bahu membahu melaksanakan amanat pemerintah untuk mengalokasikan Dana Desa harus tepat sasaran sesui perencanaan yang menyangkut kebutuhan pekon kedepan baik itu inspratruktur pemberdayaan hingga tingkat kebutuhan lain nya,”papar toyim.

Toyim menambahkan, ” untuk kedepan kami juga siap, akan menyajikan berbagai fisik pembangunan yang siap mengarah pada kebutuhan pekon. Untuk saat ini, telah kami wujudkan salah satunya, pembangunan sumur Bor merupakan program air bersih dengan kategori kebutuhan pekon, kami mengadakan pembuatan dua titik sumur bor yang kesemua nya itu terbangun dari anggaran Dana Desa.

Selain itu, saya khususnya, beserta aparatur pekon telah mempersiapkan program yang lebih mendukung kemajuan gunungraya untuk pengalokasian dana desa tahap kedua (2), yaitu melanjutkan tingkat kebutuhan masyarakat hingga mendetil, dan jika ada pekerjaan yang sempat belum terselesaikan yang telah terprogram, melalui tahap ke dua dan seterusnya akan segera secepatnya di realisasikan. Mudah-mudahan gunungraya kedepan akan jauh lebih maju dibanding pekon lain nya dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur dan manusianya. “Tandas Toyim Yusuf. (Borneo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here