Kursi Roda Siap Disalurkan kepada Masyarakat

0
72

Prioritas.co.id,Koba – Perlu bantuan kursi roda, Bank Sumselbabel sarankan ajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng). Tahun 2019 ini, Pemkab Bateng siap menyalurkannya kepada masyarakat.

Kepala Cabang Bank Sumselbabel Koba, Zandra mengatakan tahun 2019 pihaknya menganggarkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp.250 Juta.

“Dana itu sudah ada, tinggal di cairkan kapanpun,” kata Zandra kepada Prioritas.co.id sabtu (8/6).

Menurut Zandra, realisasi kegiatan CSR bukan berbentuk uang, melainkan dalam bentuk barang.

“Barang yang di berikan berdasarkan pengajuan dari Pemkab Bateng. Mereka mengajukan juga sesuai kebutuhan masyarakat, ” kata Zandra.

Untuk tahap awal di tahun 2019, pihaknya akan mengadakan barang pada kegiatan CSR berupa 20 unit kursi roda, 1 unit laptop dan 1 unit komputer.

“dalam waktu dekat akan kita serahkan barang tersebut kepada Pemda Bateng, kemudian Pemda Batenglah menyerahkannya ke masyarakat atau lembaga lain yang membutuhkannya,” ungkap Zandra panjang lebar.

Zandra mengungkapkan di awal tahun 2019, total anggaran kegiatan CSR yang terserap mencapai Rp.100 juta.

“Sisa anggaran kurang lebih Rp.150 juta tersebut tetap kita cairkan berdasarkan usulan. Kami menunggu kebutuhannya, kemudian kembali akan kami lakukan pengadaan,” katanya.

Saat disindir kenapa masyarakat tidak boleh mengajukan langsung ke Bank Sumselbabel. Menurutnya, semua Kegiatan CSR oleh Perusahaan saat ini satu pintu melalui Pemkab Bateng, ada Badan atau bagian di Pemkab Bateng yang menaungi kegiayan CSR tersebut.

“Hal ini menghindari terjadinya double bantuan barang dengan kegiatan yang sama di dua perusahaan berbeda. Jika sudah satu pintu, maka bantuan terkoordinir dengan baik dan tepat sasaran,” katanya.

Ia menyarankan masyarakat mengajukan bantuan CSR ke Pemkab Bateng.

“Meskipun ada proposal masuk ke kami, maka kami tetap memberikannya ke Pemkab Bateng untuk di lakukan verivikasi,” katanya.

Di tahun 2018 kemarin, Zandra mengaku telah menyalurkan bantuan CSR berupa barang-barang alat pemadam kebakaran, seperti baju anti api dan lain sebagainya.

“Sesuai permintaan perangkat alat pemadam kebakaran, tahun kemarin sudah kami salurkan dengan total anggaran senilai Rp.48 juta,” katanya.

Selain CSR, pihaknya juga menyiapkan anggaran untuk pembelian Sembako, yang disalurkan kepada korban bencana alam.

“Sembako bencana alam yang kami salurkan dikoordinir oleh Dinas Sosial. Mereka yang mendatanya, kami menyalurkannyapun sesuai data jumlah korban bencana alam tersebut,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Koba, Muslimin mengaku siap mendampingi Bupati Bateng menyalurkan kursi roda tersebut ke masyarakat penyandang disabilitas atau lumpuh.

“Warga di kecamatan koba ada yang membutuhkan kursi roda, sudah kami usulkan pada zaman saya menjabat Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (DisosPmd) tahun 2018 kemarin,” kata muslimin. (RONI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here