Di Sidoharjo, Umat Khatolik Bantu Kelancaran Sholat Idul Fitri

0
607

Prioritas.co.id,Pringsewu – Toleransi beragama pemuda khatolik menjaga keamanan shlat Ied di pekon sidoharjo. Sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, ribuan umat Islam di Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Prungsewu berangkat menuju kemasjid Nurul Hidayah di jln enggal rejo untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 H (5/6/2019).
Tak hanya umat Islam, puluhan pemuda Nasrani dari kring Santa Maria yang berlokasi hanya sekitar 100 meter pun ikut berada di sekitar lokasi.

Dengan peluit, belasan pemuda tampak mengatur arus lalu lintas di Lapangan mengatur parkir sebagian lainnya berada di halaman untuk mengatur posisi sepeda motor, dan mobil para jamaah.

Hal ini merupakan wujud kekompakan warga desa setempat untuk saling menjaga nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

“Warga disini sudah biasa, saling membantu saat perayaan hari besar agama. Jika umat Nasrani sedang merayakan hari besar seperti Natal. Umat Muslim yang membantu keamanan dan parkir,” kata Untung warga Enggal rejo seusai menjalankan shalat Id, rabo (5/6/2019).

Menurut dia, kerukunan dan kebersamaan selalu terjalin dengan baik sehingga tidak ada yang aneh dalam kegiatan tersebut. “Kerukunan seperti ini biasa bagi desa kami,” imbuhnya.
Sementara Yohanes Dicky, suprapto dan edyson menambahkan, kegiatan saling bantu membantu dalam perayaan hari besar agama untuk menjaga tali persadaraan dan kita tunjukkan NKRI itu Damai.

Kegiatan pengamanan dan membantu kelancaran peryaaan hari Raya Idul Fitri dilakukan sejak malam takbir. Bahkan beberapa waktu lalu, umat Kristiani di Pekon sidoharjo ikut membantu dalam pengamanan ini kita tunjukkan kalau umat beragama di pekon kami rukun hidup saling berdampingan tidak ada permusuhan.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh di pekon atau untuk kita sebagai masarakat beragama dan menuju pringsewu jejama secancanan tutupnya. (Borneo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here