Mantapkan Kemampuan, Kodim 0405/Lahat Gelar Latihan Posko 1 Tanggap Darurat

0
56

 

Prioritas.co.id.Lahat – Sebagai upaya menyiapkan kekuatan prajurit dalam penanganan bencana Alam, Gempa dan gunung meletus , Kodim 0405/Lahat mengelar latihan Posko 1 Tanggap Darurat ,bertempat di Makodim 0405 Lahat. Rabu ( 22/5/2019)

Tampak hadir dalam giat tersebut Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH MH, Sekda Lahat Drs Masroni, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap Sik MSi, kepala BPBD Lahat, Kapolres Pagaralam, Dandim Muara Enim, Asisten 1 Pemkab Empat Lawang, dan Perwakilan Pagar alam.

Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi SH MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan di Kodim dalam rangka rapat Muspida tanggap darurat tentang kondisi situasi sekarang dengan aktifnya Gunung Dempo.

“Aktifitas Gunung Dempo yang menurut informasi dari BMKG makin meningkat, sehingga perlu kita antisipasi bersama Apabila terjadi gunung meletus. Sesuai arahan dari komandan Korem tindakan yang harus kita laksanakan dan mengantisipasi untuk meminimalisir bencana alam gunung meletus sehingga dampaknya terhadap masyarakat di sekitarnya.

“Untuk itu juga kami sudah siap dan sigap langsung turun kelapangan menyiapkan pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana dari personil Kodim 0405, Batalyon Tempur 2 SSK dari Yonif 141, 2 SSK Yonkaf 5 GTT dan 1 SSK YonZipur 2”, jelas Dandim.

Selain itu juga kami mohon bantuan dari para kepala daerah sekitar gunung Dempo, karena Gunung Dempo ini letaknya di tengah-tengah, dampaknya nanti daerah Pagaralam, Jarai dan Muara Pinang Empat Lawang.

“Jadi kami mengundang Tiga kepala daerah yang ikut rapat, sehingga semuanya menyiapkan secara Dini dan mengantisipasi sehingga apabila ini benar-benar terjadi jika sudah siap untuk evakuasi untuk penolongan terhadap korban-korban,” ujar Dandim 0405 Lahat.

Terjadinya dampak bencana ini akibatnya akan luas terhadap masyarakat , dari
korban jiwa maupun harta termasuk petani dari perkebunan kena dampak langsung. sehingga ini akan berdampak terhadap kondisi sosial di masyarakat. Kriminalitas akan meningkat tentunya antisipasi dari kepolisian untuk keamanan.

Dandim menambahkan ” tujuan kegiatan ini melatih hubungan Komandan dan staf untuk koordinasi dengan Pemda beserta instansi terkait . Dan kesiapan di wilayah kita, siap melaksanakan operasi atau satgas apabila terjadi bencana gunung meletus, untuk meminimalisir dampak bencana alam”, jelas Dandim 0405.

Terpisah kepala BPBD Kabupaten Lahat Marjono SE MM mengatakan “Dengan kegiatan latihan posko di Makodim 0405 Lahat, kami sebagai SKPD bidang penanggulangan bencana sangat mendukung acara ini dan akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait apabila terjadi bencana alam ataupun non alam khususnya dengan TNI dan POLRI, Kami siap dengan TRC dan satgas”, jelasnya. (Elsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here