Jember Turut Serta dalam Program DTS 2019

0
94

Prioritas.co.id.Jember – Bupati Jember sangat mendukung program dari kementrian kominfo, merupakan Digital Talent Scholarship 2019, Program ini bersertifikasi internasional.

Kepala UPT BPSDMP Kominfo Surabaya (Eka Handayani) menjelaskan, di Pendapa Wahya Wibawa Graha, Kamis (9/5/2019).

“kami dari kementerian kominfo mempunyai program DTS, yaitu Program beasiswa pelatihan intensif , gratis bagi 25.000 peserta yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan daya saing SDM dibidang teknologi informasi dalam menyongsong revolosi industri 4.0,” jelasnya.

Peserta dari DTS adalah alumni SMK, D3, D4, S1, S2, S3 dan masyarakat umum, bisa juga untuk disabilitas.

Program DTS ini ada empat kategori, yang pertama Vocational School Graduate Academy (VSGA) program ini merupakan beasiswa pelatihan intensif unruk lulusan SMK ( Tik ) yang belum memiliki pekerjaan tetap, program ini juga menyediakan materi kewirausahaan digital dan professional skill development, pelaksanaannya selama satu bulan.

Kategori kedua yaitu Fresh Graduate Academy (FGA) Kategori ini merupakan program beasiswa pelatihan intensif untuk lulusan D3, D4, S1 dibidang TIK dan MIPA yang belum memiliki pekerjaan tetap, progeam ini juga menyediakan materi kewirausahaan digital dan professional skill development, program ini terbuka bagi penyandang disabilitas (rungu dan daksa), kalau di Jawa Timur bertempat di ITS, UB, dan Universitas Surabaya, Pelaksanaannya selama dua bulan.

Kategori ketiga Online Academy ( OA ) merupakan program beasiswa pelatihan intensif yang terbuka bagi semua kalangan dan usia ( kecuali disyaratkan khusus ) kapanpun dan dimanapun berada melalui perangkat gawai, tablet, maupun komputer.

Kategori keempat Coding Teacher Academy (CTA) Merupakan program beasiswa pelatihan intensif yang terbuka bagi guru PNS maupun non PNS, antara lain guru SMK, SMA, MA, SMALB negeri maupun swasta yang mengajar TIK (atau yang terkait).

Eka Handayani menegaskan ” Untuk kategori VSGA, FGA, OA bagi yang belum bekerja, masuk dalam data base kami dan akan kami pertemukan dengan industri,” ucapnya.

Eka Handayani melanjutkan, ” ada 113 industri yang akan memanfaatkan alumni DTS yang bersertifikasi,untuk pendaftaran sampai 19 Mei 2019,” tuturnya.

Masih dengan Eka Handayani ” Peluang kedepan ada 2,1 juta jenis pekerjaan baru yang terkait digitalisasi, untuk itu kita harus meningkatkan keterampilan,” ucapnya. (M.lil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here