Bhabinkamtibmas Selesaikan Pertengkaran Secara Mediasi di Batunadua

0
0
Bhabinkamtibmas Bripka Reki Susanto saat mendamaikan pertengkaran warga di kelurahan batunadua jae , Kota Padangsidimpuan

P.sidimpuan.prioritas.co.id – Bhabinkamtibmas polsek Batunadua Polres Padangsidimpua BRIPKA REKI SUSANTO, S.H.,M.Pd., menunjukkan dedikasinya menyambangi Warga selanjutnya melakukan Mediasi Perihal Perselisihan paham yang mengakibatkan pertengkaran kedua warga yang bertetangga masalah pembuangan sampah akibat saluran air dan letak Plang usaha Doorsmeer, yang terjadi Lingkungan III, Kelurahan Batunadua Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Rabu (18/9/2024) siang.

Mendapat kabar tersebut Bhabinkamtibmas BRIPKA REKI SUSANTO, S.H.,M.Pd menghentikan konflik yang sedang berlangsung. Ia menyadari bahwa penyelesaian secara damai adalah pilihan terbaik untuk menjaga ketertiban dan keamanan di kelurahan Batunadua Jae.

Dalam proses mediasi, Bripka Reki susanto bersama Kepala Lingkungan III ,tokoh masyarakat menggunakan pendekatan secara problem solving, yaitu dengan mengidentifikasi akar masalah dan mencari solusi yang dapat memuaskan kedua belah pihak.

Bripka Reki mendengarkan keluhan dan argumen dari kedua belah Pihak secara objektif, serta membantu mereka memahami konsekuensi dari pertengkaran itu.

Selanjutnya, pak bhabin mencoba membantu untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Dengan mendengarkan aspirasi mereka dan memberikan arahan yang bijaksana, ia membantu membangun pemahaman, empati, dan kerjasama di antara kedua belah pihak.

Melalui dialog yang konstrukitu, mereka bersama-sama mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan hanya permasalahan sepele sampah yang menyumbat pada saluran air, apabila dikeluarkan agar dimasukan ke karung goni dan Plank Doorsmeer diletakan pada tempat yang tidak mengganggu aktifitas umum dan lainnya

Dalam akhir mediasi, kedua warga itu sepakat untuk mengakhiri konflik dan menyelesaikan permasalahan secara damai. Pak bhabin mengingatkan ke mereka tentang pentingnya menjaga hubungan baik dan tidak melibatkan diri dalam pertengkaran. Ia juga memberikan nasihat tentang pentingnya menghormati perbedaan dan menyelesaikan konflik dengan cara yang lebih konstruktif.

Amatan Kedua yang berselisih itu banyak mengucapkan terimakasih dengan hadirnya Bhabinkamtimas dalam proses penyelesaian problem solving ini dan Saling memaafkan serta saling bersalaman.

Keberhasilan mediasi yang dilakukan pak bhabin mendapatkan apresiasi dari warga masyarakat setempat. Tindakan tersebut tidak hanya menyelesaikan konflik secara efektif, tetapi juga menciptakan rasa harmoni dan keamanan di antara warga kelurahan Batunadua Jae. PMasyarakat melihat Bhabinkamtibmas sebagai sosok yang peduli dan berperan aktif dalam menjaga ketertiban serta keamanan di lingkungan III kelurahan Batunadua. (Sabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here