PJ Bupati Diminta Tinjau Kembali Penunjukan Plt Kadis PMD Muba

0
0

Muba.prioritas.co.id – DPD Lembaga Aspirasi Nusantara Bersama sejumlah aliansi masyarakat Muba Menggelar aksi damai untuk menyampaikan tuntutan dan aspirasi masyarakat. Aksi tersebut meminta agar PJ Bupati Muba meninjau kembali penunjukan Ricard Cahyadi sebagai Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Musi Banyuasin.

Ratusan warga Musi Banyuasin terlihat bergerak menuju Kantor Pemkab Muba, Sekretariat DPRD Muba,Kejari Muba,dan Inspektorat Muba, sambil berorasi dan membentangkan sejumlah spanduk, Selasa (25/06/2024).

Didepan kantor inspektorat Muba, salah satu orator aksi tersebut, Satoto Waliun meminta PJ Bupati Muba agar bijak menyikapi suasana politik Muba yang mulai memanas. Satu kesilapan dalam mengambil kebijakan akan membuat kacau balau suasana kondusif yang sudah terjaga di kabupaten Musi Banyuasin.

“Jangan buat kebijakan yang aneh-aneh bersikaplah netral jangan miring kekiri dan ke kanan agar pelaksanaan pilkada di bumi Serasan Sekate berlangsung sukses dan aman,” kata Satoto Waliun.

Menurut dia, penunjukan Ricard Cahyadi sebagai Plt Kadis PMD Muba terkesan janggal, karena yang bersangkutan tengah berurusan di Kejati Sumsel sebagai saksi tindak pidana korupsi internet Desa. Selain itu juga ada kasus lain di dinas PMD yang tengah menjalani proses hukum diantaranya aplikasi santan yang diduga menimbulkan kerugian negara milyaran rupiah.

” Kepada yang terhormat PJ Bupati Muba kami meminta agar bijak menyikapi hal ini, tinjau kembali penunjukan Ricard agar tidak menggangu proses hukum yang sedang berlangsung dan suasana menjadi kondusif,” ujarnya.

Sementara dalam pres rilis tertulis yang dibagikan terdapat sejumlah tuntutan masyarakat diantaranya:
1. Meminta Pj Bupati Agar Bersikap Netral Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawabnya sebagai Kepala Daerah dalam Menuntaskan Pilkada Muba
2. Terindikasi DPRD Muba Ikut Membuat Skenario Dalam Menempatkan Plt Kepala Dinas PMD RC
3. Meminta Kejaksaan Negeri Muba Mengusut Kasus Dugaan Korupsi Publikasi Desa dan Pembuatan Aplikasi SANTAN
4. Meminta Pj Bupati dan DPRD Muba bersikap Bijaksana Dalam Mengawal Demokrasi Pilkada Muba
5. Pj Bupati Harus Menunjuk Plt Kepala Dinas PMD Baru untuk menggantikan RC dikarenakan masih dalam tahapan Penyidikan dan Penyelidikan Kejati Sumsel.

Fitriandi SSos Ketua DPD LAN menyampaikan tuntutan didepan Kantor Pemkab Muba juga Meminta Netralitas PJ Bupati Muba Sandi Pahlevi dalam tugas nya sebagai PJ Bupati Muba dalam tahapan menuju Pilkada Muba 2024.

“Kami Minta Sikap tegas dan netralitas Pak PJ Bupati Muba dalam tugas dan tanggung jawabnya untuk menuntaskan Pilkada Muba 2024 yang akan dihadapi 27 November 2024 nanti,” bebernya.

Riyansyah Putra SH salah satu warga Musi Banyuasin Berorasi di depan Kantor DPRD Muba meminta klarifikasi Pihak DPRD Muba terkait Penunjukan PLT Kadis PMD kepada RC oleh PJ Bupati Muba.

“Disini Kami mempertanyakan Kepada DPRD Muba adakah Koordinasi dari PJ Bupati Muba terkait Penunjukan RC sebagai PLT kadis PMD Muba dan Kami minta klarifikasi DPRD Muba,” ujarnya.

Satoto Waliun aktivis Muba kembali meminta PJ Bupati Muba harus menunjuk PLT kepala dinas baru PMD untuk menggantikan RC yang masih didalam tahapan pemeriksaan Kejati Sumsel terkait kasus internet Desa.

“Kami minta PJ Bupati Muba agar menunjuk PLT kadis Pmd baru untuk menggantikan RC, karena RC ini masih didalam tahapan penyidikan dan penyelidikan Kejati Sumsel terkait kasus korupsi internet Desa,” tegasnya.

DPD LAN bersama warga muba disambut Wakil Ketua I DPRD Muba Jon Kenedi, dirinya akan melakukan koordinasi dan rapat untuk membahas permasalahan tersebut.

“Kami minta waktu dan kami akan berkoordinasi untuk rapat membahas permasalahan yang disampaikan warga Muba ini,” jelasnya.

Massa aksi berangkat menuju Kejari Muba, Sujarnik salah satu aktivis Muba menyampaikan laporan meminta Kejaksaan Negeri Muba mengusut tuntas kasus publikasi desa dan pembuatan aplikasi santan.

“Kami datang kesini untuk menyampaikan laporan kepada Kejari Muba untuk mengusut tuntas terkait kasus publikasi desa yang dikelola mitra desa dan pembuatan aplikasi santan,” ungkap Jarnik.(*)

Post by dani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here