Dua Pelaku Penipuan Modus Tukar Mata Uang Asing Berhasil Diringkus Polres Asahan

48

Prioritas.co.id Asahan – Dua pelaku sindikat penipuan modus tukar mata uang asing berhasil diringkus personil Polres Asahan , kedua pelaku diamankan di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng , Senin ( 02/03/2020).

Adapun kedua tersangka berinisial ES dan RS. ES (43) merupakan warga Metro Lampung, sedangkan RS (51) merupakan warga Jakarta.

Kedua tersangka tersebut merupakan bagian sindikat dari kasus penipuan yang berhasil ditangkap. Sementara 2 pelaku lainnya, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto mengatakan “dari hasil keterangan, para pelaku pernah beraksi di 7 lokasi, di 7 propinsi yang berbeda,” ungkap Kapolres Asahan

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan, bahwa penindakan terhadap tersangka berawal dari laporan korban, Rumondang, (60), warga jalan Williem Iskandar, Kelurahan Mutiara Kecamatan Kota Kisaran Timur. Kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai Rp 242 juta.

Modus yang dilakukan para tersangka dengan mengiming-imingi korban dengan untung yang menggiurkan. Para pelaku meminta korban menyerahkan uang rupiah miliknya, untuk ditukarkan dengan mata uang Brazil milik pelaku.

“Saat beraksi, pelaku mengaku sebagai karyawan bank. Dan mereka (pelaku) mempunyai peran yang berbeda untuk memperdaya korban-korbannya,” kata Kapolres.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.( Heri Sinaga )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here