2020, BPS Lakukan Sensus Penduduk Secara Online

0
366

Prioritas.co.id, Lahat-Pemerintah Kabupaten Lahat melalui (BPS) Badan Pusat Statistik Lahat gelar rapat koordinasi persiapan sensus penduduk tahun 2020. Bertempat di Opsroom Pemda Lahat hari Selasa (14/01/2020) yang di hadiri Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, Sekda Lahat H.Januarsyah, Kejari Lahat, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Unsur SKPD, Camat Se-kabupaten Lahat, Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel Ir. Endang Triwahyuningsi, Kepala bidang Statistik Distribusi Sumsel Sukerik Kepala BPS Lahat Ir Cheranita Kurniarita serta Staf pegawai BPS Lahat.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Sriwahyuningsi Mengucapkan, Terima kasih pada seluruh pejabat yang hadir dalam kegiatan rapat persiapan sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Lahat.

Dirinya berharap Peran serta dinas Kominfo Lahat serta dinas dukcapil Lahat dapat bekerja sama sekaligus membantu di dalam pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 khususnya di Kabupaten Lahat.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang Melalui wakil Bupati Lahat H. Hariyanto manyambut baik dengan adanya sensus penduduk tahun 2020.

” Mari kita bekerja sama ikut membantu pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020,
Kepada Instansi terkait Khususnya Kominfo dan Dukcapil Lahat agar dapat bekerja sama dengan BPS Lahat dalam penyampaian data penduduk Kabupaten Lahat guna pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020,” kata Wabup.

Terpisah Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan Ir.Endang Tri Wahyuningsih, yang di temui awak media di kantor BPS Kabupaten Lahat mengungkapkan Tahun 2020 awal sejarah di Indonesia melaksanakan sensus penduduk dengan metode kombinasi,
kita melakukan pendataan dari rilis dukcapil agar kita bisa mewujudkan suatu data kependudukan Indonesia.

Tujuan sensus penduduk 2020 ini adalah mengetahui jumlah penduduk yang pasti. dari komposisi, distribusi sehingga bisa diketahui penduduk Milineal itu berapa.
dan tidak ada perbedaan lagi data kependudukan. sekarang sudah berbasis registrasi untuk pendataan 2030″, Ujarnya.
Di dampingi Kepala bidang Statistik Distribusi Sumsel Sukerik dan Kepala BPS Lahat Ir Cheranita Kurniarita .

Sehingga dapat diketahui secara de facto maupun de jure.dan tidak ada perbedaan lagi antara data kependudukan.sekarang sudah berbasis registrasi untuk pendataan 2030 nanti.

masih katanya masyarakat yang akan di data menggunakan metode komputer. Secara personal ada tiga yaitu sensus mandiri jadi masyarakat bisa melakukan update sendiri, yang tujuannya supaya orang-orang yang sibuk itu bisa melakukan pendataan sendiri itu dilakukan pada periode 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020.

Untuk yang kedua petugas nanti kalaupun masyarakat belum melakukan sensus online di bulan Februari-Maret maka akan didatangi petugas melalui sensus manual /wawancara pada bulan Juli 2020.

Ketiga Dalam proses pendataan nanti masyarakat supaya menyiapkan NIK,KK , nomor buku nikah ataupun akta cerai yang rinciannya hanya sekitar 21 pertanyaan dengan dibutuhkan waktu hanya sekitar 30 menit untuk anggota rumah tangga 3 orang.

Khususnya di Sumsel harapan kami kualitas data dan respon masyarakat ada Ini untuk kepentingan bersama, partisipasi masyarakat untuk mengisi data yang benar, berikan yang terbaik jawablah dan isi data dengan jujur ujarnya. (EY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here